Monday, November 3, 2008

Persamaan dengan MS. Equation pada MS Office


Beberapa kali saya mendapati teman-teman saya sedang menulis rumus atau persamaan matematika pada tugas-tugas kuliah mereka yang ditulis dengan Microsoft Word. Fasilitas Drawing, garis bawah berurutan, menggeser karakter dengan spasi secara berurutan adalah beberapa contoh yang mereka lakukan. Terasa merepotkan. Pada umumnya mereka belum mengetahui bahwa Microsoft Office mempunyai fasilitas untuk keperluan tersebut yaitu Microsoft Equation. Fitur ini tidak saja dapat digunakan pada Microsoft Word tetapi juga pada aplikasi MS Office lainnya seperti MS Excel dan PowerPoint.

Untuk menggunakannya, fasilitas ini dapat dicapai dari menu InsertObject… Dalam daftar object type, carilah Microsoft Equation 3.0.

Setelah memilih object ini, kita akan kembali ke dokumen kita dengan adanya area penulisan persamaan dan toolbar Equation. Dalam toolbar tersebut terdapat lebih dari 150 simbol yang dikelompokkan dalam 19 template. Pilihlah simbol yang sesuai, ketikkan variabel dan bilangannya, maka jadilah persamaannya.

Diperlukan latihan untuk mengenal lebih baik letak dan kegunaan dari masing-masing simbol. Sedikit tips, menggunakan tombol panah kanan dan kiri pada keyboard akan membantu dalam memastikan posisi simbol, variabel atau bilangan yang akan diketikkan.

Pada instalasi typical MS Office, fasilitas Microsoft Equation belum disertakan. Jadi untuk dapat langsung memanfaatkan fitur ini, pada saat instalasi harus memilih complete atau custom dengan memilih secara khusus tool ini. Jika MS Office sudah terinstal tanpa adanya Microsoft Equation, untuk menambahkan kita masuk ke Control Panel dan pilih Add/Remove Programs. Dari daftar software yang terinstal, pilih Microsoft Office dan klik tombol Change. Pada kotak dialog yang muncul, pilihlah Add or Remove Features, pada kotak dialog berikutnya pilihlah Advanced Customization. Selanjutnya cari Office tool dan beri centang pada Equation editor. Untuk mengupdate MS Office, diperlukan CD installer MS Office.


No comments: